Entri Populer

Jumat, 07 Oktober 2011

Pengertian dan Tujuan ISD


Pengertian dan Tujuan Ilmu Sosial Dasar

Ilmu sosial dasar ialah ilmu yg melihat,mempelajari,dan menelaah masalah-masalah sosial, terutama masalah-masalah yang dibuat oleh masyarakat dengan menggunakan teori-teori fakta dan konsep yang berasal dari berbagai bidang seperti pengetahuan keahlian dan ilmu-ilmu sosial.seperti, geografi sosial,sosialogi,ekonomi, dan ilmu politik.

Tujuan Ilmu Sosial Dasar ialah
- memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yg ada dalam masyarakat.
- membantu perkembangan wawasan pemikiran dan kepribadian warga indonesia agar memperoleh wawasan pemikiran yg lebih luas.
- memahami jalan pemikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain agar dapat berkomunikasi dengan mereka dengan baik.
- peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap ikut serta untuk memecahkan permasalahan tersebut.
- menyadari bahwa masalah yang terdapat dalam masyarakat selalu bersifat bermacam-macam(kompleks).


Ilmu sosial dasar juga merupakan salah satu mata kuliah softskill, merupakan mata kuliah yang wajib diberikan di perguruan tinggi negri maupun swasta. Mata kuliah ini mempokuskan pada usaha mengembangkan kepribadian para mahasiswa.
Adapun pengertian dari masalah sosial, masalah sosial adalah suatu ketidaksuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat,yang membahayakan kehidapan kelompok sosial. Jika terjadi ketidaksamaan anatara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam hidup bermasyarakat. Masalah sosial muncul akibat terjadi nya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan norma yang ada. Yang dapat menjadi sumber masalah sosial yaitu seperti proses sosial dan bencana alam.


masalah sosial dapat dibagi menjadi 4 jenis faktor, yaitu :
- faktor ekonomi   : kemiskinan, pengangguran dll
- faktor budaya      : perceraian, kenakalan remaja dll
- faktor biologis    : penyakit menular, keracunan makanan dll
- faktor psikologis :penyakit saraf, aliran sesat dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar